rpp kelas iv semester 1 Melakukan operasi hitung satuan waktu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri Kalinyamat Kulon 03 Kota Tegal
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan)
Pelaksanaan : Senin, 5 September 2016
A. Standar Kompetensi
2. Menggunakan
pengukuran waktu, sudut, jarak, kecepatan dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
2.2 Melakukan operasi
hitung satuan waktu
C. Indikator
2.2.1 Melakukan operasi hitung yang melibatkan
satuan waktu
D. Tujuan
Pembelajaran Umum
1. Siswa
mampu melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
E. Tujuan Pembelajaran Khusus
1. Melalui penjelasan guru, siswa dapat melakukan
operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
2. Melalui
bagan, siswa dapat menjelaskan satuan waktu dalam kehidupan sehari-harinya
F. Karakter Siswa yang Diharapkan
· Disiplin
· Rasa hormat dan perhatian
· Tekun
· Tanggung jawab
G. Metode Pebelajaran
· Metode : Ceramah, tanya jawab dan penugasan
·
Model : Bagan bergambar
H. Media dan Sumber Belajar
· Media : Bagan bergambar satuan waktu
· Sumber : Buku Matematika Kelas V Erlangga dan internet
I.
Materi Ajar
Satuan waktu yang lebih kecil daripada menit yaitu detik. Berikut ini
adalah kesetaraan antarsatuan detik, menit, dan jam.
1 menit = 60 detik
1 jam = 60 menit
1 hari = 24 jam
J. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pra KBM
a.
Menyiapkan alat peraga, perangkat pembelajaran, saran dan prasarana.
b.
Menyiapkan materi pelajaran dan tugas.
c.
Mengkondisikan siswa supaya siap mengikuti proses pembelajaran.
2. Kegiatan Awal (10 Menit)
a. Guru
masuk kelas dan mengucapkan salam.
b. Guru
bersama siswa berdoa untuk mengawali pembelajaran.
c. Guru
memeriksa kehadiran siswa.
d. Guru
memberikan apersepsi dengan memberikan tanya jawab tentang materi sebelumnya, pengukuran
waktu
e. Guru
memberikan motivasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Kegiatan Inti (45 Menit)
Eksplorasi:
a. Guru
menggali pengetahuan siswa tentang operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
b. Guru
menguraikan menguraikan materi pembelajaran berbantu media bagan
c.
Siswa memperhatikan penjelasan guru dan mencatat pelajaran
Elaborasi:
d. Guru
membagi siswa kedalam 4 kelompok besar
e. Setiap kelompok diberi
tugas oleh guru untuk mengerjakan lembar kerja siswa
f. Guru berkeliling melakukan penilaian proses dan
memberikan bantuan kepada kelompok yang mengalami kesulitan
g. Siswa mendiskusikan materi sesuai dengan petunjuk guru
h. Siswa membuat laporan hasil diskusi
i. Siswa diberi kebebasan oleh guru untuk berdiskusi dan mengumpulkan
hasil diskusi
kelompoknya.
h. Perwakilan siswa mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya. Kelompok yang lain menanggapi hasil presentasi
laporan hasil kerja dari masing-masing kelompok
Konfirmasi:
a. Guru mengevaluasi hasil
pekerjaan siswa di depan kelas dan meluruskan jika ada kesalahan
b. Guru memberikan penguatan
kepada siswa
c. Guru bersama siswa
menyimpulkan materi pembelajaran
4. Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan evaluasi
berupa soal yang dikerjakan siswa secara individu untuk mengukur tingkat
pemahaman siswa
b. Guru menyampaikan informasi
mengenai materi pembelajaran selanjutnya
c. Guru
mengakhiri pembelajaran dengan mengajak siswa berdoa dan salam
K. Penilaian
1. Prosedur Penilaian
Tes
2. Bentuk Penilaian
Tes Tertulis (Isian Singkat)
Soal:
1. 18 jam = .... Menit
2. 3 jam =.... menit =
... detik
3. 11 jam = ... menit =
... detik
4. 5 jam + 45 menit =
.... menit
5. 20 menit – 90 detik
= .... detik
Kunci Jawaban:
1. 18 x 60 menit =
1.080 menit
2. 3 jam = 180 menit =
10.800 detik
3. 11 jam = 660 menit =
39.600 detik
4. 300 menit – 45 menit
= 250 menit
5. 1200 detik – 90
detik = 1.110 detik
Kriteria Penilaian:
Setiap jawaban benar
diberi skor 20
Skor maksimal = 100
Nilai = (Jumlah skor
perolehan : jumlah skor maksimal) x 100
Guru Kelas V,
Fatimah,
S.Pd
NIP. 19750112 200901 2 001
|
Tegal, 5 September 2016
Praktikan,
Indriana Eko
Armaidi
NIM.
1401413353
|
Kepala Sekolah
Murdiyono, S.Pd
NIP 19620401 198304 1
008
|
Komentar
Posting Komentar